Jumlah Kasus Kematian Akibat Covid-19 Indonesia Tertinggi Kelima di Dunia

JAKARTA, blog.rumahberkat.com — Indonesia melaporkan tambahan kasus kematian akibat virus corona Covid-19 sebanyak 504 orang pada Kamis, 1 Juli 2021. Jumlah itu mencetak rekor baru selama pandemi berlangsung di dalam negeri, sekaligus menjadi tertinggi kelima di dunia.

Negara yang paling banyak mencatatkan tambahan kasus kematian akibat corona pada hari pertama Juli 2021 adalah Brasil, yakni 1.943 orang. Posisinya diikuti oleh India dengan tambahan kasus kematian akibat corona mencapai 796 orang.

Setelahnya ada Rusia dengan tambahan 672 kasus kematian akibat corona. Lalu, kasus kematian akibat corona di Kolombia bertambah sebanyak 593 orang.

Argentina menyusul setelah Indonesia dengan tambahan kematian akibat corona sebanyak 468 orang. Kemudian, tambahan kasus kematian akibat corona di Afrika Selatan dan Amerika Serikat (AS) masing-masing sebanyak 382 orang dan 315 orang.

Sementara, total kematian akibat corona di dunia hampir mencapai empat juta kasus pada saat ini. Total kasus kematian akibat corona di AS memiliki jumlah paling besar, yakni 620.645 orang. Posisinya diikuti Brasil dan India yang masing-masing sebanyak 520.189 orang dan 400.271 orang.

Salah satu langkah menekan angka kematian adalah meredam laju penularan corona. Hal tersebut dapat dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.