Rumahberkat.comTips Menulis Judul Penggalangan Dana yang Menarik di Rumahberkat.com

Tips Menulis Judul Penggalangan Dana yang Menarik di Rumahberkat.com

on

Dalam membuat penggalangan dana, judul menjadi hal paling krusial dan fundamental karena kalimat singkat itu bisa jadi yang akan menentukan seseorang akan berdonasi atau tidak. Jika judul penggalangan dana yang Anda buat menarik hati, maka pembaca akan meneruskan membaca kolom cerita penggalangan dana Anda, jika kolom cerita Anda membuat hati calon donatur tergerak, maka besar kemungkinan calon donatur akan berdonasi pada campaign Anda. Maka dari itu, Rumah Berkat akan memberikan tips menulis judul penggalangan dana yang sesuai.

Perlu diperhatikan, dalam menulis judul dan cerita penggalangan dana, kejujuran dan realita apa yang terjadi haruslah diutamakan, Rumah Berkat tidak menyarankan Anda memalsukan atau melebih-lebihkan cerita penggalangan dana karena nantinya tim Rumah Berkat akan memverifikasi keaslian cerita dan jika terbukti ada tindakan pemalsuan, penggalangan dana akan gagal publish.

Tips Menulis Judul Penggalang Dana di Rumahberkat.com

  1. Pilih kalimat yang spesifik singkat, padat dan jelas.
    Judul yang to the point akan lebih mudah diingat dan dipahami pembaca, apalagi rata-rata pembaca hanya membaca judul sekali dan hanya untuk beberapa detik, maka dari itu prinsip judul yang singkat, padat dan jelas harus diutamakan. Rumah Berkat menyarankan Anda untuk menambahkan informasi nama penerima donasi dan tujuan donasi dibuat, lihatlah contoh dibawah, judul penggalangan dana pada contoh menuliskan nama “Udin” sebagai penerima donasi dan “Lawan Kanker Darah” sebagai tujuan donasi dibuat. Judul yang dijadikan contoh ini, ditulis singkat dan jelas mengenai siapa yang membutuhkan pertolongan dan kenapa pasien membutuhkan pertolongan.
  2. Gunakan kata sehari-hari yang sering digunakan.
    Judul yang baik adalah judul yang tersampaikan maknanya pada pembaca, penulisan judul dengan menggunakan istilah atau majas tertentu tidaklah efektif maupun efisien karena ada kemungkinan maksud mulia dari penggalangan dana menjadi kabur dan tidak tersampaikan. Rumah Berkat menyarankan Anda menggunakan bahasa sehari-hari dalam menulis judul penggalangan dana, tentu dengan pedoman PUEBI dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lihatlah contoh dibawah ini, terdapat dua judul yang salah satunya Rumah Berkat lebih sarankan. Pada contoh sebelah kiri penggunaan kata “Membantu” dan “Melawan” pada judul bisa dibuat efektif dengan mengubahnya menjadi “Bantu” dan “Lawan” sehingga kalimat lengkapnya terdengar lebih friendly.
  3. Posisikan diri Anda sebagai donatur.
    Dengan tujuan utama untuk menarik calon donatur berdonasi, maka ketika Anda menulis judul penggalangan dana, posisikan diri Anda sebagai calon donatur, pertanyakan pada diri sendiri “Apakah hati saya tersentuh untuk berdonasi dengan judul campaign ini?” atau “Apakah judul ini cukup menggetarkan hati saya untuk berdonasi?”. Jika Anda masih kurang yakin, suntinglah judul penggalangan dana Anda lagi dan lagi, minta pendapat keluarga atau sahabat untuk mendapatkan kritik dan saran.
  4. Tulislah Judul yang dapat dibaca dalam satu tarikan nafas
    Pada standar penulisan, ada batas panjang penulisan judul yaitu 13 kata, tetapi dalam konteks menulis judul penggalangan dana Rumah Berkat menyarankan Anda menulis judul yang dapat dibaca dalam satu tarikan nafas atau maksimal 9 kata, jika judul penggalangan dana tidak bisa dibaca dalam satu tarikan nafas, maka itu bukanlah judul yang efektif dan efisien. Dibawah ini adalah dua contoh penggalangan dana di Rumah Berkat yang memenuhi kriteria judul yang sesuai dengan tips diatas, klik untuk melihat campaign Adik Kaila dan campaign Pak Ahya.
READ  4 Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar, No 4 Sering Diabaikan!

Judul dan cerita pada penggalangan dana Anda janganlah hanya menjadi kalimat-kalimat bacaan biasa untuk oranglain, jadikanlah halaman penggalangan dana Anda sebuah rangkuman perjuangan dan perjalanan hidup dari penerima donasi, ceritakan dengan jujur apa yang penerima donasi lalui selama ini, apa saja perjuangannya dan kenapa para calon donatur harus membantu si penerima donasi. Buatlah para calon donatur bergerak ingin membantu dengan kata-kata yang Anda tulis.

Tahap terakhir dari menulis judul penggalangan dana yang menarik adalah sebarkan. Sebarkan rangkuman hidup si penerima donasi ke sosial mediamu agar lebih banyak lagi orang yang membaca dan mungkin tergerak hatinya, untuk memaksimalkan penyebaran melalui sosial media, Rumah Berkat membuat tips share penggalangan dana di sosial media yang dapat Anda pelajari. Sekian tips dari Rumah Berkat untuk para pejuang campaign, semoga tips ini bermanfaat dan target donasi yang Anda butuhkan tercapai dengan efektif.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau menyampaikan keluhan, hubungi Rumah Berkat melalui:

Bagikan
Tags

Baca Juga

Anant Ambani Kenakan Bros Gajah Berlian Rp 27 Miliar

Pernikahan Mewah Anant Ambani: Detail dan Kemegahan yang Memukau Pernikahan Anant Ambani telah menjadi sorotan publik karena kemewahannya yang luar biasa. Menghabiskan biaya sekitar Rp...

5 Manfaat Membantu Tetangga yang Kesusahan Walaupun Berbeda Suku dan Agama

Hai Sobat Berkat! Temukan manfaat membantu tetangga yang kesusahan meskipun berbeda suku dan agama. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana kebaikan ini dapat memperkaya hidup...

Rizky Langit Ramadhan Ungkap Kisah Haru dengan Ayahnya, Yoyo Padi Reborn

Rizky Langit Ramadhan: Perjalanan Memaafkan Sang Ayah Rizky Langit Ramadhan, putra dari penyanyi ternama Rossa dan Yoyo Padi Reborn, pernah mengalami masa sulit dalam menerima...
spot_img

Artikel terkait