Rumahberkat.comTips Share Galang Dana di Sosial Media | Rumahberkat.com

Tips Share Galang Dana di Sosial Media | Rumahberkat.com

on

Setelah berhasil membuat penggalangan dana, tugas campaigner selanjutnya adalah membagikan halaman penggalangan dananya ke calon donatur. Anda akan dapat membagikan halaman penggalangan dana Anda saat tim Rumah Berkat selesai memverifikasinya, dan berikut tampilan halaman penggalangan dana yang Live atau Sedang Berjalan.

Contoh tampilan penggalangan dana yang terverifikasi.

Saat halaman penggalangan dana Anda sudah live, Anda dapat langsung membagikannya melalui tombol di bagian kanan tengah, terdapat empat pilihan media sosial yang bisa Anda gunakan, yaitu Facebook, Telegram, Twitter dan WhatsApp, Anda hanya perlu melakukan login akun media sosial Anda untuk dapat terhubung.

Berikut Tips dari Rumah Berkat yang bisa Anda ikuti:

  1. Share Foto dan Cerita Penggalangan Dana Anda di Semua Media Sosial
    Rumah Berkat telah menyarankan Anda untuk menulis cerita selengkap mungkin dan upload foto sesuai kriteria, kedua hal tersebut menjadi salah satu faktor dari berhasilnya penggalangan dana yang Anda lakukan, selain itu foto yang bagus dan cerita yang menyentuh juga mempermudah Anda dalam share penggalangan dana Anda ke sosial media.

  2. Share Penggalangan Dana Anda Sesuai Karakteristik Media Sosial
    Semakin banyak sosial media yang Anda gunakan, maka semakin banyak media penyebaran yang Anda miliki, tetapi perlu Anda ketahui bahwa setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda sehingga jika Anda menggunakannya dengan benar maka hasilnya bisa maksimal. Di jagat sosial media, dikenal suatu istilah bernama engagement yaitu segala bentuk interaksi dari orang lain tentang konten yang kamu buat di media sosial, maka untuk mencapai hasil maksimal Anda harus paham bagaimana masing-masing sosial media dapat menarik engagement dari suatu konten.
    1. Instagram, media sosial berbasis visual ini tempat yang cocok untuk menaruh foto atau video terbaik dari penggalangan dana Anda buat, instagram juga tidak memiliki batasan caption sehinga Anda bisa menaruh cerita penggalangan dana Anda disini, atau Anda bisa mengunggah di instagram stories agar dapat dilihat secara cepat oleh followers. Tetapi untuk memudahkan calon donatur dalam berdonasi, Anda bisa menaruh link penggalangan dana Anda secara terpisah di bio profil Instagram Anda.
    2. Twitter, media sosial twitter ini memiliki ciri khas sebagai media sosial yang ringkas dan singkat, terlihat dari terbatasnya caption yang tersedia yaitu hanya 280 karakter dan maksimal upload 4 foto dalam satu tweet, tetapi Anda tetap bisa menulis cerita penggalangan dana Anda dengan thread atau rantai tweet yang berurutan, atau menaruh link penggalangan dana Anda disalah satu tweet di thread yang Anda buat.
    3. Facebook, sosial media yang serba ada ini menjadi salah satu tempat paling menguntungkan untuk Anda sharing penggalangan dana yang Anda buat, di facebook Anda bisa upload foto, video, caption tanpa batas, dan link dalam satu postingan. Anda juga dapat share penggalangan dana Anda di berbagai facebook grup yang relevan.
    4. WhatsApp, media sosial ini lebih bersifat privat untuk sebagian orang dan tidak memiliki engagement value seperti media sosial lain, sehingga Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk share penggalangan dana Anda pada orang terdekat, seperti saudara, tetangga, teman sekolah atau teman komunitas. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sharing di WhatsApp adalah adanya kredibilitas / kepercayaan oranglain pada penggalangan dana yang Anda buat.

  3. Meminta Tolong Teman Reshare Link Penggalangan Dana Anda
    Untuk memperluas jangkauan dan mencari lebih banyak calon donatur, mintalah tolong teman Anda untuk reshare postingan Anda atau promosikan link penggalangan dana Anda, dengan begitu nantinya relasi dan followers teman Anda juga akan melihat penggalangan Anda. Atau Anda bisa mengajak teman-teman Anda menjadi Relawan Gana.

  4. Gunakan Tagar / Hashtag yang Relevan dan Mention influencer Sosial Media
    Tagar atau Hashtag adalah pengikat percakapan publik dari semua pengguna yang berbeda ke dalam satu aliran di suatu media sosial, sementara influencer adalah seorang dengan jumlah followers atau pengikut banyak, yang memiliki pengaruh besar kepada audience. Kedua hal ini berperan penting dalam penyebaran suatu topik di semua sosial media, tetapi keduanya memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Tagar atau Hashtag lebih populer digunakan di Twitter dan berguna sebagai kata kunci pencarian suatu topik yang banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter, jika hashtag yang digunakan adalah sebuah kalimat maka ditulis tanpa spasi (contoh #RumahBerkat #BagiBerkat). Tetapi tidak terbatas hanya digunakan di Twitter karena pengguna Instagram dan Facebook pun banyak yang menggunakannya untuk hal yang sama, tips dari Rumah Berkat adalah gunakanlah tagar yang relevan dengan penggalangan dana Anda, misalnya #GalangDanaOnline #BantuKucingTerlantar #YukDonasi.
    Tips selanjutnya dari Rumah Berkat adalah tag dan mention publik figur atau influencer yang relevan dengan penggalangan dana Anda, dengan harapan para publik figur atau influencer yang Anda tag akan mempromosikan penggalangan dana Anda sehingga audiens yang melihat akan lebih banyak dan tentunya engagement nya lebih tinggi, siapa tau banyak yang tertarik dan menjadi calon donatur.
READ  Ketentuan Pembuatan dan Pengelolaan Akun Rumahberkat.com

Sekian tips dari Rumah Berkat untuk para pejuang campaign, semoga tips ini bermanfaat dan target donasi yang Anda butuhkan tercapai dengan efektif. Rumah Berkat akan terus berusaha memberikan fitur dan pengalaman yang menarik untuk para penggunanya, jadi nantikan pembaharuan informasi Rumah Berkat melalui website dan sosial media Rumah Berkat ya!

Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi Rumah Berkat melalui:

Bagikan
Tags

Baca Juga

JD Vance: Harapan Terakhir Amerika dan Calon Cawapres Trump

JD Vance dan Perjalanannya Menuju Pencalonan Wakil Presiden dari Partai Republik JD Vance, seorang tokoh politik yang kini diharapkan menjadi wakil presiden dari Partai Republik,...

Anant Ambani Kenakan Bros Gajah Berlian Rp 27 Miliar

Pernikahan Mewah Anant Ambani: Detail dan Kemegahan yang Memukau Pernikahan Anant Ambani telah menjadi sorotan publik karena kemewahannya yang luar biasa. Menghabiskan biaya sekitar Rp...

5 Manfaat Membantu Tetangga yang Kesusahan Walaupun Berbeda Suku dan Agama

Hai Sobat Berkat! Temukan manfaat membantu tetangga yang kesusahan meskipun berbeda suku dan agama. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana kebaikan ini dapat memperkaya hidup...
spot_img

Artikel terkait