Di Rumah Berkat terdapat dua jenis penggalangan dana yang tersedia, galang dana medis dan non-medis. Perbedaannya terletak pada apa tujuan hasil donasi digunakan, jika untuk keperluan penyembuhan, membeli obat, membayar biaya operasi/rawat inap dan sebagainya, maka galang dana Anda termasuk pada jenis penggalangan dana medis, jika Anda menggalang dana untuk keperluan lain seperti modal usaha, renovasi infrastruktur, membantu hewan liar, atau biaya sekolah maka Anda dapat menggalang dana jenis non-medis.

Berbeda dari penggalangan dana medis, penggalangan dana non-medis memiliki lebih banyak pilihan kategori untuk lebih banyak tujuan mulia, pelajari kategori penggalangan dana yang tersedia di Rumah Berkat disini.

Berikut cara menggalang dana non-medis di Rumah Berkat:

  1. Klik “Galang Dana Sekarang” di bagian atas, tombol “Galang Dana”, atau navigation bar “Galang Dana”.
  2. Pilih “Galang Dana Lainnya”, lalu pilih kategori yang diinginkan.
  3. Anda akan diarahkan ke sejumlah formulir pengajuan, isi formulir tersebut secara benar dan lengkap sesuai dengan keperluan penggalangan dana, dan pastikan Anda paham dengan sejumlah data yang harus diisi.
  4. Klik “Lanjutkan” untuk mengisi data diri Anda, berupa nama sesuai dengan KTP, nomor handphone yang bisa dihubungi, pekerjaan, nama tempat Anda bekerja / sekolah, dan sosial media yang Anda miliki.
  5. Setelah mengisi data diri Anda, Anda akan diminta mengisi data informasi penerima manfaat, seperti penerima donasi (bisa berupa suatu tempat yang akan direnovasi, suatu penampungan hewan terlantar, suatu yayasan rumah yatim, dll), lalu tujuan atau alasan donasi diberikan dan alamat penerima donasi.
  6. Jabarkan dengan detail, rencana biaya yang dibutuhkan dan lama waktu penggalangan dana dilakukan, Anda juga akan diminta mengisi rencana penggunaan dana sebagai wujud pertanggungjawaban pada donatur.
  7. Lanjut Anda akan diminta menuliskan Judul Penggalangan Dana dan upload foto utama penggalangan dana yang akan dijadikan cover atau thumbnail campaign Anda, pastikan foto yang dipilih sesuai dengan kriteria. Baca tips dari Rumah Berkat dalam menulis judul penggalangan dana disini.
  8. Tahap selanjutnya Anda akan diminta menceritakan kronologi kejadian / detail penggalangan dana yang dibutuhkan ke dalam beberapa tahap, kami menyarankan Anda menceritakan secara jujur dan detail untuk menarik lebih banyak donatur. Tahapan cerita yang harus Anda lengkapi:
    • Ceritakan tentang dirimu dan peranmu dalam penggalangan dana, Anda bisa klik “Lihat Contoh” untuk melihat panduan, bagian ini Anda harus menulis minimal 10 kata.
    • Ceritakan kegiatan rencana penggalangan dana yang akan dilakukan, lokasi penerima manfaat dan kegiatan sehar-harinya, klik “Lihat Contoh” untuk melihat panduan. Lalu, upload foto penggalang dana; atau pendiri, tokoh, serta anggota yayasan yang bertanggungjawab pada campaign ini.
    • Ceritakan kondisi penerima manfaat yang akan dibantu berupa teknis penyelenggaraan, waktu dan lokasi acara dan dampak yang ingin dihasilkan.
    • Ceritakan usaha yang telah dilakukan untuk penggalang dana dan keadaan ekonomi yang dialami selama melakukan usaha tersebut, di tahap ini Anda juga diminta upload foto keseharian penerima manfaat.
    • Jabarkan dengan detail berapa biaya yang dibutuhkan dan bagaimana rencana penggunaannya, klik “Lihat Contoh” untuk panduan penulisan.
    • Dan terakhir, jelaskan kenapa menurut Anda penggalangan dana ini sangat dibutuhkan, Anda diharapkan menulis dengan jujur dan detail pada tahap ini.
    • Di akhir tahap Cerita ini, akan ditampilkan rangkuman kronologis yang telah Anda masukan, Anda masih dapat menyunting cerita di tahap ini.
  9. Tahap terakhir, tuliskan ajakanmu untuk berdonasi pada pasien melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dsb.
  10. Rangkuman informasi Penggalangan Dana akan muncul di tahap terakhir, jika sudah tidak ada yang akan diubah, klik “Lanjutkan“, baca terlebih dahulu “Syarat dan Ketentuan

Setelah menyelesaikan semua tahapan membuat galang dana, tim Rumah Berkat akan memverifikasi kelengkapan dokumen dan menyeleksi penggalangan dana yang Anda buat, Anda akan dihubungi tim Rumah Berkat atau mendapatkan notifikasi jika galang dana Anda telah live atau berhasil dibuat. Tapi, tugas Anda belum selesai, Anda masih harus membagikan penggalangan dana Anda ke banyak orang agar menjangkau lebih banyak calon donatur, Rumah Berkat telah membuatkan tips membagikan penggalangan dana di sosmed, klik disini untuk membaca.

Rumah Berkat akan terus berusaha memberikan fitur dan pengalaman yang menarik untuk para penggunanya, jadi nantikan pembaharuan informasi Rumah Berkat melalui website dan sosial media Rumah Berkat ya! Jika Anda mengalami gangguan atau ingin menghubungi tim Rumah Berkat, hubungi: