Di Rumah Berkat terdapat dua jenis penggalangan dana yang tersedia, galang dana medis dan non-medis. Perbedaannya terletak pada apa tujuan hasil donasi digunakan, jika untuk keperluan penyembuhan, membeli obat, membayar biaya operasi/rawat inap dan sebagainya, maka galang dana Anda termasuk pada jenis penggalangan dana medis, jika Anda menggalang dana untuk keperluan lain seperti modal usaha, renovasi infrastruktur, membantu hewan liar, atau biaya sekolah maka Anda dapat menggalang dana jenis non-medis.

Perlu diperhatikan: galang dana kategori medis di Rumah Berkat, memerlukan dokumen medis seperti surat keterangan medis yang menampilkan keterangan diagnosis/penyakit yang diderita pasien, jadi persiapkan dokumen yang diperlukan ya!

Berikut cara menggalang dana medis atau untuk orang sakit di Rumah Berkat:

  1. Klik “Galang Dana Sekarang” di bagian atas, tombol “Galang Dana”, atau navigation bar “Galang Dana”.
  2. Klik “Galang Dana Orang Sakit”.

    Pada tahap ini, Anda akan menjawab sejumlah informasi mengenai tujuan donasi, detail pasien penerima manfaat, riwayat medis pasien, target donasi yang diinginkan, judul penggalangan dana, cerita atau kronologi penggalangan dana dan ajakan untuk mempromosikan campaign Anda.
  3. Pada tahap Tujuan Donasi, informasi mengenai siapa penerima manfaat akan dibedakan pada 4 pilihan. Pilih “Saya Sendiri” jika Anda adalah orang yang membutuhkan donasi, pilih “Keluarga yang satu KK dengan saya” jika penerima donasi adalah keluarga yang satu kartu keluarga dengan Anda, pilih “Keluarga inti (ayah/ibu/kakak/adik/anak) yang sudah pisah KK dengan saya” jika penerima manfaat adalah keluarga yang pernah satu Kartu Keluarga namun saat ini sudah pisah, dan pilih “Selain pilihan di atas” jika penerima manfaat tidak pernah satu Kartu Keluarga dengan Anda. Klik “Konfirmasi” untuk melanjutkan.
  4. Masih di Tujuan Donasi, Anda akan diminta mengisikan nama pasien, masukan nomor ponsel penggalang dana, nomor ponsel pasien / keluarga pasien dan pilihan rekening siapa yang akan di daftarkan sebagai rekening pencarian dana, rekening pencarian dana bisa milik pasien langsung, keluarga satu Kartu Keluarga (KK), Keluarga yang berada di KK berbeda, rumah sakit atau pilihlah “Selain Pilihan di atas” jika rekening milik oranglain yang dipercaya pasien dan dapat bertanggungjawab atas donasi.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta membaca dan memberi centang pada kotak ☐ untuk bisa melanjukan ke tahap selanjutnya, klik “Saya Setuju” untuk melanjutkan.
  6. Pada tahap “Detail Pasien” Anda akan diminta mengisikan nama pasien dan penyakit atau kondisi yang diderita pasien, perlu dipahami bahwa nama penyakit harus sesuai dengan dokumen medis yang dimiliki, klik “Lihat contoh nama penyakit di dokumen medis” untuk panduan penulisan nama penyakit.
  7. Pada tahap “Riwayat Medis” Anda harus memasukkan riwayat penyakit pasien, seperti apakah pasien sedang menjalani rawat inap di rumah sakit, upaya pengobatan yang sedang atau telah dilakukan dan darimana sumber biaya pengobatan atau perawatan (ada dua pilihan biaya mandiri atau asuransi kesehatan).
  8. Pada tahap “Target Donasi” Anda diminta menentukan perkiraan biaya yang dibutuhkan, menentukan waktu lama penggalangan dana berlangsung dan isi rencana penggunaan dana donasi yang terkumpul (untuk biaya rumah sakit, biaya operasional pasien, biaya penunjang pasien, dan biaya pendamping pasien), lalu ada option Biaya Marketing yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.
  9. Tahap selanjutnya, berilah judul penggalangan dana Anda dengan jelaskan apa dan siapa yang akan terbantu oleh donasi ini. Lalu Anda juga harus menambahkan foto utama untuk dijadikan cover atau thumbnail campaign Anda, pastikan foto yang dipilih sesuai dengan kriteria. Baca tips dari Rumah Berkat dalam menulis judul penggalangan dana disini.
  10. Tahap selanjutnya Anda akan diminta menceritakan kronologi kejadian / detail penggalangan dana yang dibutuhkan ke dalam beberapa tahap, kami menyarankan Anda menceritakan secara jujur dan detail untuk menarik lebih banyak donatur. Setiap tahap terdapat tombol klik “Lihat contoh” jika membutuhkan panduan. Tahapan cerita yang harus Anda lengkapi:
    • Ceritakan siapa dirimu dan pasien, dengan memperkenalkan diri sebagai penggalang dana dan/atau pasien yang mengalami suatu penyakit, cerita Anda haruslah diatas 10 kata.
    • Ceritakan kronologis penyakit pasien dan kondisinya dari awal pasien menderita sakit hingga kondisi terkini, dan jelaskan pula usaha apa yang telah dilakukan sejak awal hingga kini
    • Untuk meyakinkan pendonor, ceritakanlah keadaan keluarga dan lingkungan tempat tinggal pasien, dan Anda juga harus menambah foto ketika pasien beraktivitas bersama keluarganya, kedua hal tersebut bisa menjadi data pendukung untuk lebih meyakinkan donatur.
    • Ceritakan kondisi pasien setelah mengidap penyakit dan momen terberat yang dialami pasien selama sakit, di tahap ini Anda diharapkan untuk mengunggah foto pasien ketika sedang sakit.
    • Selanjutnya ceritakan jumlah biaya yang dibutuhkan dan rencana penggunaan biaya yang terkumpul, tambahkan pula alasan kenapa pasien sangat membutuhkan dana tersebut.
    • Terakhir, Anda dapat menyampaikan doa dan harapan untuk pasien dan keluarga.
  11. Tahap terakhir, tuliskan ajakanmu untuk berdonasi pada pasien melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dsb.
  12. Rangkuman informasi Penggalangan Dana akan muncul di tahap terakhir, jika sudah tidak ada yang akan diubah, klik “Lanjutkan“, baca terlebih dahulu “Syarat dan Ketentuan

Setelah menyelesaikan semua tahapan membuat galang dana, tim Rumah Berkat akan memverifikasi kelengkapan dokumen dan menyeleksi penggalangan dana yang Anda buat, Anda akan dihubungi tim Rumah Berkat atau mendapatkan notifikasi jika galang dana Anda telah live atau berhasil dibuat. Tapi, tugas Anda belum selesai, Anda masih harus membagikan penggalangan dana Anda ke banyak orang agar menjangkau lebih banyak calon donatur, Rumah Berkat telah membuatkan tips membagikan penggalangan dana di sosmed, klik disini untuk membaca.

Rumah Berkat akan terus berusaha memberikan fitur dan pengalaman yang menarik untuk para penggunanya, jadi nantikan pembaharuan informasi Rumah Berkat melalui website dan sosial media Rumah Berkat ya! Jika Anda mengalami gangguan atau ingin menghubungi tim Rumah Berkat, hubungi: