Lingkungan6 Tanaman Penyerap Polusi Udara yang Bisa Ditanam di Jakarta

6 Tanaman Penyerap Polusi Udara yang Bisa Ditanam di Jakarta

on

Hai Sobat Berkat! Salah satu masalah yang sering dihadapi di daerah perkotaan seperti Jakarta adalah polusi udara.

Udara yang buruk dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kenyamanan lingkungan di rumah maupun kantor ya.

Namun, ada solusi alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini, yaitu dengan menanam tanaman penyerap polusi udara.

Tanaman penyerap polusi udara dapat membantu memurnikan udara di dalam ruangan dengan menyerap sejumlah zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, amonia dan xilena.

Selain itu, tanaman juga dapat meningkatkan kadar oksigen dan mengurangi dampak buruk dari bahan kimia yang ada di udara ya Sobat Berkat.

Jenis Tanaman Penyerap Polusi Udara

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria spp)

Sobat Berkat, tanaman lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman penyerap polusi udara yang sangat populer di Indonesia loh.

Tanaman ini memiliki bentuk daun mirip lidah dan biasanya ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias.

Selain sebagai tanaman hias, lidah mertua juga memiliki khasiat dalam membersihkan udara ruangan dari toksin yang terdapat pada cat, bahan kimia pembersih dan bahkan yang ada di rokok.

Tanaman ini mampu menyerap senyawa kimia berbahaya seperti formaldehida dan benzena, serta membantu meningkatkan kadar oksigen di dalam ruangan ya Sobat Berkat.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang tanaman lidah mertua.

Dengan menanam tanaman ini, udara di ruangan Sobat Berkat akan menjadi lebih segar dan bersih.

Tanaman Kuping Gajah (Alocasia amazonica)

Tanaman Kuping Gajah merupakan tanaman yang sangat populer sebagai hiasan indoor, terutama di daerah tropis seperti Jakarta.

Selain keindahannya, tanaman ini juga memiliki kelebihan sebagai tanaman penyerap polusi udara loh Sobat Berkat.

Kuping Gajah bisa menyerap zat berbahaya seperti ammonia dan xylene yang umum ditemukan di dalam rumah atau kantor.

Oleh karena itu, menanam Kuping Gajah di lingkungan indoor dapat memperbaiki kualitas udara yang tertutup dan membantu mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh polusi udara.

Janda Bolong (Monstera deliciosa)

Tangan sedang mengengam pot kecil Janda Bolong
sumber: shutterstock

Ada yang lucu nih dengan nama tanaman yang satu ini Sobat Berkat, tanaman itu namanya Janda Bolong.

Janda Bolong merupakan salah satu tanaman dengan kualitas penyerap polusi udara yang sangat baik.

Tanaman ini sangat efektif dalam meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dengan menyerap zat-zat seperti formaldehid dan senyawa organik volatil (VOC) lainnya.

Sobat Berkat, tanaman Janda Bolong memiliki daun yang besar dengan pola lobus khas yang unik loh.

Pola lobus ini memungkinkan tanaman untuk menangkap dan menyerap partikel polutan yang terdapat di udara.

Menempatkan Janda Bolong di dalam ruangan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan dan kenyamanan lingkungan di Jakarta.

Tanaman ini juga dapat menjadi pilihan yang baik sebagai dekorasi ruangan dengan nuansa hijau, menarik dan modern ya Sobat Berkat.

Bambu Rejeki (Dracaena braunii)

Salah satu jenis tanaman penyerap polusi udara yang populer adalah Bambu Rejeki (Dracaena braunii) ya Sobat Berkat.

Tanaman ini dikenal karena kemampuannya dalam menyerap toksin seperti trichloroethylene dan xylene dari udara di dalam ruangan.

Selain kemampuannya sebagai tanaman penyerap polutan udara, Bambu Rejeki juga dapat menambah keindahan interior ruangan dengan bentuknya yang unik dan menarik ya Sobat Berkat.

Tanaman ini dapat ditanam dalam pot dengan ukuran kecil sehingga cocok untuk ruangan yang sempit.

Menariknya, Bambu Rejeki juga sering dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kebahagiaan bagi etnis Tionghua yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menanam Bambu Rejeki di dalam ruangan sebagai tanaman hias yang bermanfaat untuk kesehatan dan keberuntungan ya Sobat Berkat.

Tanaman Mawar Mekar (Rosa spp)

Sobat Berkat, tanaman mawar mekar indah bukan hanya mampu membuat ruangan terlihat lebih cantik, namun juga berperan dalam menyaring polutan udara ya.

Mawar mekar mempunyai kemampuan untuk menyerap bahan kimia berbahaya seperti formaldehida, benzene, dan xylene.

Tanaman mawar mekar dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya matahari yang cukup dan tanah yang lembap serta subur.

Di samping itu, tanaman ini juga dapat ditanam dalam pot dan ditempatkan di dalam ruangan yang memiliki akses cahaya yang baik.

Hanya dengan menjaga kelembapan tanah dan pencahayaan yang cukup, tanaman mawar mekar dapat tumbuh subur dan sehat ya Sobat Berkat.

Dengan menanam mawar mekar di dalam ruangan, kamu dapat menyaring udara dari bahan kimia berbahaya dan memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam rumahmu.

Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah dirawat dan bisa membuat ruangan terasa lebih segar dan sehat.

Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Tanaman Sirih Gading atau yang juga dikenal sebagai golden pothos, merupakan salah satu tanaman yang paling efektif dalam membersihkan udara dari polutan seperti formaldehida.

Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh dan bertahan hidup di lingkungan indoor yang minim sinar matahari.

Sirih Gading dapat tumbuh hingga 20 kaki panjangnya dalam waktu yang relatif singkat dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai kondisi.

Tanaman ini dapat diletakkan di dalam pot, di rak atau di tempat yang bisa digantungkan ya Sobat Berkat.

Tanaman Sirih Gading mampu menyerap dan memproses formaldehida menjadi senyawa yang lebih aman untuk dihirup.

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki tanaman Sirih Gading di dalam ruangan dapat membantu meningkatkan kualitas udara dan meningkatkan kesehatan penghuninya loh.

Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.

Kesimpulan

Memiliki tanaman penyerap polusi udara di dalam ruangan dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan kita ya Sobat Berkat, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang padat dengan polusi udara seperti di kota Jakarta.

Tanaman-tanaman seperti Lidah Mertua, Kuping Gajah, Janda Bolong, Bambu Rejeki, Mawar Mekar, dan Sirih Gading adalah beberapa contoh tanaman yang bisa menjadi penambah dekorasi di dalam ruangan dan membantu mengurangi konsentrasi bahan kimia berbahaya di udara.

Jangan ragu untuk menambahkan tanaman-tanaman ini ke dalam ruangan Sobat Berkat untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman ya.

Selain itu, pastikan untuk merawat tanaman kamu dengan baik untuk memaksimalkan manfaatnya dan menjaga keindahan ruangan kamu ya Sobat Berkat.

FAQ

Apa manfaat tanaman penyerap polusi udara?

Tanaman penyerap polusi udara membantu membersihkan udara di sekitar kita dengan menyerap zat-zat berbahaya seperti formaldehida, benzene, amonia, xylene, trichloroethylene, dan zat volatile organik lainnya. Tanaman ini dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan memberikan lingkungan yang lebih sehat.

Apa saja jenis tanaman penyerap polusi udara yang bisa ditanam di Jakarta?

Beberapa jenis tanaman penyerap polusi udara yang cocok ditanam di Jakarta antara lain Lidah Mertua, Kuping Gajah, Janda Bolong, Bambu Rejeki, Mawar Mekar, dan Sirih Gading. Tanaman-tanaman ini efektif dalam membersihkan udara dan dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Bagaimana cara merawat tanaman penyerap polusi udara?

Tanaman penyerap polusi udara biasanya membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi juga dapat tumbuh dengan baik di tempat yang teduh. Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur dan memberikan pupuk yang sesuai. Juga, jaga kelembapan udara di sekitar tanaman dengan menyemprotkan air atau meletakkan wadah air di dekatnya.

Berapa banyak tanaman penyerap polusi udara yang perlu ditanam di dalam ruangan?

Secara umum, disarankan untuk memiliki setidaknya satu tanaman penyerap polusi udara per 9-10 meter persegi ruangan. Namun, jumlah tanaman yang diperlukan dapat bervariasi tergantung pada ukuran ruangan dan jenis tanaman yang ditanam. Untuk ruangan yang lebih besar, lebih baik memiliki beberapa tanaman untuk hasil yang lebih efektif dalam membersihkan udara.

Apakah tanaman penyerap polusi udara bisa ditanam di luar ruangan?

Ya, beberapa tanaman penyerap polusi udara juga dapat tumbuh dengan baik di luar ruangan. Namun, pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi iklim dan sinar matahari di daerah Anda. Beberapa tanaman mungkin lebih cocok untuk tumbuh di luar ruangan daripada di dalam ruangan.

Bagikan
Tags

Baca Juga

Apa Syarat Wajib Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi Umat Islam?

Pada bulan suci Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah sebagai bentuk kepedulian sosial dan berbagi keberkahan dengan sesama. Zakat fitrah adalah zakat...

Orang yang Wajib Membayar Zakat Dinamakan Apa?

Halo, Sahabat Pembaca! Pernahkah Anda bertanya-tanya apa nama yang diberikan kepada orang yang wajib membayar zakat? Di dalam agama Islam, zakat merupakan salah satu...

Give Financially Support to Trusted Natural Disaster Relief Efforts and Funds

Give Financially Support to Trusted Natural Disaster Relief Efforts and Funds Unpredictable natural catastrophes can drastically change lives, infrastructure, and communities, which emphasizes the need...
spot_img

Artikel terkait