Sersan Mayor Iswandi atau yang lebih akrab dipanggil Cak Wandi, seorang anggota TNI AD Babinsa aktif yang juga ketua dari Yayasan Fajar Qolbi, yayasan yang menampung dan menjadi tempat belajar bagi anak yatim dan piatu, dhuafa dan fakir miskin. Selaras dengan tugasnya yang berada ditengah masyarakat, melaksanakan pembinaan teritorial (binter) di wilayah pedesaan/kelurahan maka dari itu Cak Wandi membangun Yayasan Fajar Qolbi.

Alasan utamanya membangun Yayasan Fajar Qolbi untuk anak-anak yatim karena peduli dengan perasaan anak-anak yang masih kecil dan tidak punya bapak ibu, terus mereka membutuhkan kasih sayang dan membutuhkan pendidikan, dan yang kedua Cak Wandi ingin hidupnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Nama Fajar Qolbi memiliki arti hati yang hijrah, yang mengayomi terkhususnya anak yatim, beberapa dhuafa dan fakir miskin. Pemilihan nama tersebut di dukung oleh para ulama ulama, keluarga dan guru-guru kepercayaan Cak Wandi. Dan akhirnya saat itu, terbentuklah Yayasan bernama Yayasan Fajar Qolbi. Saat ini Yayasan Fajar Qolbi bertempat dirumah pribadi Cak Wandi, sehingga anak-anak tidak bisa bermukim tapi Cak Wandi berharap bisa memberikan tempat layak untuk anak-anak yang membutuhkan.

Karena belum tersedianya tempat bermukim untuk anak-anak yang membutuhkan, bantuan yang Yayasan Fajar Qolbi bisa berikan pada anak-anak yatim piatu, dhuafa dan fakir miskin adalah membayarkan biaya iuran sekolah persemesternya, bantuan ini telah dilakukan selama tiga tahun dengan anak yang telah dibiayai berjumlah puluhan, Cak Wandi berharap anak-anak yatim dan piatu ini mendapatkan pendidikan yang terbaik seperti anak lainnya. Selain itu, Cak Wandi juga menanamkan pendidikan Ahlussunnah wal Jama’ah, dalam kajian fikih, istilah Ahlussunnah wal Jama’ah disisbatkan pada paham Sunni yaitu merujuk pada fikih 4 (empat) madzhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali) yang berbeda dengan paham fikih Syi’iy, Dzahiriy, Ja’fariy.

Kegiatan yang dilakukan di Yayasan Fajar Qolbi. (sumber: instagram.com/yayasanfajarqolbi_tangsel)
Kegiatan yang dilakukan di Yayasan Fajar Qolbi. (sumber: instagram.com/yayasanfajarqolbi_tangsel)

Dengan segala kontribusi dan keikhlasan hatinya, Cak Wandi masih merasa rendah hati, “Sebenernya untuk dikatakan kami bermanfaat, kami masih malu, belum banyak yang diperbuat, hanya sebatas impian dan usaha, namun saya selaku pemilik yayasan ini, berharap besar anak-anak ini terus terdidik dengan baik, minimal sampai SMA lah, jangan sampai mereka tinggal sekolah terus kami berharap terus berkembang dan turun menurun. Kalau dibilang, kami hanya berharap dan terus berdoa agar didatangkan orang-orang baik yang berniat baik” ucap Cak Wandi saat ditanya apa harapannya untuk yayasan yang dibangunnya dengan biaya pribadi.

Saat ini bantuan yang paling dibutuhkan Yayasan Fajar Qolbi adalah bantuan biaya SPP pendidikan anak binaannya dan perlengkapan sekolah, lalu biaya makan sehari-hari anak panti, juga biaya operasional panti. Dan impian besar Cak Wandi untuk yayasannya yang telah berumur tiga tahun ini adalah memiliki sarana asrama yang layak dan mulai memproses untuk menghimpun dana pembelian lahan dan pembangunan asrama.

#SobatBerkat dapat bantu mewujudkan cita-cita mulia Cak Wandi dan Yayasan Fajar Qolbi dengan berdonasi pada penggalangan dana berikut: https://rumahberkat.com/campaigns/bantu-biaya-pendidikan-anak-yatim-piatu-dan-duafa

Berdonasi untuk anak-anak yatim piatu, dhuafa dan fakir miskin yang membutuhkan mulai dari Rp 10.000, dengan berbagai pilihan metode pembayaran yang tersedia, #SobatBerkat juga dapat berdonasi tanpa melakukan proses log-in.